Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tips Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Bahan Makanan

1 min read

Tips Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Bahan Makanan

BERANDA PRINGSEWU, Bahan makanan yang baik bila salah di dalam penyimpanan ataupun pengolahannya dapat mengganggu kesehatan, baik dari sisi kandungan gizinya yang berkurang atau hilang maupun dari segi keamanan pangan.

Kesalahan di dalam pemilihan, penyimpanan atau pengolahan bahan makanan dapat menimbulkan tumbuh dan berkembangnya mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan kita.

Oleh karena itu, pengetahuan di dalam memilih, menyimpan, dan mengolah bahan makanan sangat diperlukan. Termasuk pengetahuan di dalam mengetahui umur simpan makanan.

Berikut ini adalah berbagai tips tersebut, yang bisa anda coba untuk memilih, menyimpan, dan mengolah bahan makanan.

Tips Memilih Bahan Makanan

Bahan makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilih bahan makanan yang baik.

Berikut tips yang bisa kita coba dalam memilih bahan makanan berkualitas:

1. Beras

Beras yang baik adalah beras yang selaput airnya masih melekat (beras tumbuk atau beras yang digiling namun tidak sampai bersih) sehingga kandungan Vitamin B di dalamnya tidak hilang.

Pilih beras yang masih baru, dengan ciri-ciri: baunya harum, tidak berkutu, dan butir-butirnya tidak melekat dengan yang lain. Beras yang sudah lama dapat dikenali dari baunya yang apek.

2. Tepung tepungan

Tepung yang baik adalah yang kering, tidak menggumpal, tidak berkutu, dan tidak berbau apek. Tepung yang dijual dalam kemasan plastik, lebih terjamin kebersihannya dibandingkan dengan yang dijual tanpa kemasan. Jangan lupa periksa tanggal masa berlakunya (kadaluarsa).

3. Kacang kacangan kering

Kacang-kacangan kering yang baik tidak berulat, tidak berjamur, butir-butirannya tidak melekat satu dengan yang, dan baunya tidak langu. Contoh kacang-kacangan kering adalah kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang merah.

4. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe yang baik bentuknya utuh, tidak hancur, tidak berubah warna, tidak berlendir, dan tidak berbau busuk atau asam.

5. Sayuran

Sayuran segar warnanya cerah, tidak layu, tidak pucat, dan tidak keriput.

6. Buah-buahan

Buah yang baik kematangannya sedang, baunya harum, kenyal dagingnya, dan rasanya tidak asam atau sepat.

7. Daging Sapi

Pilih daging yang mengkilap, berwarna merah cerah (tidak pucat), tidak kebiruan, seratnya halus, tidak berbau asam atau busuk, saat dipegang daging juga akan terasa basah.

Nah bagaimana dengan tips yang sudah dijelaskan diatas tentang bagaimana Tips Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Bahan Makanan. Semoga pembahasannya bisa dengan mudah dimengerti dan diterapkan dengan baik demi kesehatan diri dan keluarga tercinta tentunya.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar anda dan silahkan di share ke teman, sanak saudara maupun keluarga tercinta.

 

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *