berandapringsewu Media Informasi dan Promosi yang mengulas tentang Wisata, Kuliner, Lifestyle Masyarakat Pringsewu.

Prinsip Pokok Yang Harus Di Pahami Dalam Melakukan Asuhan Kehamilan

1 min read

Prinsip Pokok Yang Harus Di Pahami Dalam Melakukan Asuhan Kehamilan

BERANDA PRINGSEWU, Prinsip Pokok Yang Harus Di Pahami Dalam Melakukan Asuhan Kehamilan – Seorang tenaga kesehatan yang berkompeten dalam menangani kehamilan adalah bidan, karena tuntutan profesi seorang bidan harus memahami bahwa kehamilan dan persalinan merupakan proses yang alamiah dan fisiologis, walau tidak dipungkiri dalam beberapa kasus mungkin terjadi komplikasi sejak awal karena kondisi tertentu/kornplikasi tersebut terjadi kemudian. Proses kelahiran meliputi kejadian fisik, psikososial dan kultural.

Kehamilan merupakan pengalaman yang sangat bermakna bagi perempuan, keluarga dan masyarakat. Perilaku ibu selama masa kehamilannya akan mempengaruhi kehamilannya, perilaku ibu dalam mencari penolong persalinan akan mempengaruhi kesehatan ibu dan janin yang dilahirkan.

Bidan harus mempertahankan kesehatan ibu dan janin serta mencegah komplikasi pada saat kehamilan dan persalinan sebagai satu kesatuan yang utuh.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan terbaik pada saat melakukan Asuhan Kehamilan, berikut ini merupakan prinsip Pokok asuhan kehamilan yang harus di pahami dan dijalankan pada saat melakukan Asuhan Kebidanan yaitu Kelahiran proses yang normal, Pemberdayaan, Otonomi, Jangan Membahayakan, dan Tanggung Jawab

Kelahiran adalah proses yang normal

Kehamilan dan kelahiran biasanya merupakan proses normal, alami dan sehat. Sebagai bidan kita membantu melindungi proses tersebut.

Pemberdayaan

Ibu dan keluarga mempunyai kebijaksanaan dan sering kali tahu kapan mereka melahirkan. Keyakinan dan kemampuan ibu untuk melahirkan dan merawat bayi bisa ditingkatkan atau dihilangkan oleh orang yang memberikan asuhan pada dan dimana ia melahirkan, jika ita bersikap negative atau kritis, hal ini akan mempengaruhi si ibu. Juga dapat mempengaruhi lamanya persalinan.

Otonomi

Ibu dan keluarga memerlukan informasi sehingga mereka membuat suatu keputusan. Kita harus tahu dan menjelaskan yang
akurat tentang resiko dan keuntukngan prosedur, obat-obatan dan tes. Kita juga harus membantu ibu dalam membuat suatu pilihan yang terbaik untuk dirinya.

Jangan membahayakan

Intervensi haruslah tidak dilaksanakan secara rutin kecuali terdapat indikasi-indikasi spesifik. Pengobatan pada kehamilan, kelahiran atau periode pasca persalinan dengan tes-tes “rutin” obat atau prosedur dapat membahayakan bagi ibu dan bayinya.

Tanggung jawab

Setiap penolong pasalinan harus bertanggung’awab terhadap kualitas asuhan yang ia belikan. Praktek asuhan maternitas harus dilakukan berdasarkan kebutuhan ibu dan bayinya, bukan atas kebutuhan penolong persalinan. Asuhan berkualitas tinggi berfokus pada klien dan saying ibu berdasarkan bukti ilmiah sekarang ini adalah tanggungjawab semua bidan.

Nah 5 prinsip pokok yang wajib di pahami oleh seorang tenaga kesehatan terutama bagi anda calon bidan sangatlah penting. Karena keselamatan ibu dan bayi akan bergantung pada tenaga kesehatan.

berandapringsewu Media Informasi dan Promosi yang mengulas tentang Wisata, Kuliner, Lifestyle Masyarakat Pringsewu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *