berandapringsewu Media Informasi dan Promosi yang mengulas tentang Wisata, Kuliner, Lifestyle Masyarakat Pringsewu.

Pertolongan Pertama Apabila Kemasukan Benda Asing Kedalam Tubuh

3 min read

Pertolongan Pertama Apabila Kemasukan Benda Asing Kedalam Tubuh

BERANDA PRINGSEWU, Pertolongan Pertama Apabila Kemasukan Benda Asing Kedalam Tubuh – Masuknya benda asing ke tubuh sering kali terjadi, kejadian ini biasanya terjadi tanpa disengaja. Tubuh umumnya kemasukan benda benda asing yang ada di sekitar atau yang sering digunakan sehari hari. Ketika hal ini teriadi, jangan panik Lakukan tindakan pertolongan atau penyelamatan dengan tenang.

Benda benda asing umumnya masuk ke dalam tubuh melalui bagian-bagian berikut ini.

Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang sering kemasukan benda asing, seperti jarum, duri, peluru, atau zat kimia. Bila benda tersebut masuk ke dalam telapak kaki, istirahatkanlah kaki tersebut. Gerakan pada kaki dapat mengubah letak dan memperdalam benda masuk.

Jika yang masuk ke dalam tubuh mata kail, maka untuk mengeluarkannya jangan ditarik kembali karena justru akan memperlebar atau memperbesar luka.

Cara mengeluarkan mata kail dengan didorong terus sehingga muncul keluar, lalu mata kailnya dipotong atau dipatahkan. sehingga dapat ditarik keluar dengan mudah.

Nah apabila mendapati Cincin yang macet di jari (misalnya jari itu membengkak), dikeluarkan dengan mengolesi jari itu dengan sabun, minyak, atau zat pelicin lainnya. Bisa juga, cincinnya dipotong dengan gunting besi, tang, atau pemotong lain.

Mata

Benda asing yang dapat masuk ke dalam mata seperti debu, binatang kecil, asap, zat kimia, dan sebagainya dapat menyebabkan kelilipan atau perih pada mata.

Kelilipan ringan dapat dibersihkan dengan jalan mencuci mata dengan boorwater atau air bersih.

Kelilipan yang tidak bisa dibersihkan dengan mencuci, dapat dibersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air bersih terlebih dahulu atau dengan mencelupkan mata ke dalam air dan matanya dibuka sambil digerak-gerakan.

Bila yang masuk benda tajam maka harus diambil dengan hati hati, jangan sampai bergeser karena dapat melukai mata.

Hidung

Kemasukan benda asing pada hidung sering terjadi pada anak anak karena ketidaktahuannya atau dengan sengaja memasukan sesuatu ke dalam hidungnya, seperti mainan, beras, jagung, atau benda asing lainnya.

Tindakan pertolongannya bisa dengan mencoba mengambilnya sendiri dengan menggunakan sebatang kawat berujung tumpul yang dibengkokkan seperti kail. Kail kawat dimasukan dengan menyusupi dinding hidung dari samping benda asing tadi. Setelah melewatinya tariklah keluar benda asing itu perlahan-Iahan.

Telinga

Telinga juga dapat kemasukan benda asing. Apabila benda asing yang masuk ke telinga berukuran kecil, biasanya dapat dikeluarkan dengan jalan memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan, lalu ditepuk dengan tangan beberapa kali ke kepala di dekat telinga yang satunya (yang sebelah atas). Apabila yang masuk ke telinga serangga, maka serangganya dibunuh dengan meneteskan minyak zaitun atau minyak olive ke dalam lubang telinga yang terserang.

Jika yang masuk ke telinga itu berupa benda atau biji-bijian basah yang dapat membesar atau mengembang, untuk mengeluarkannya jangan memasukkan cairan (air atau minyak) ke dalam teIinga sebab akan mempersulit pengeluarannya. Pengeluaran benda tersebut diambil dengan korek kuping.

Pertolongan pada telinga yang tersumbat oleh kotoran telinga (serumen) dilakukan dengan ditetesi obat Waxsol atau cairan H202 dalam telinga. Bila tidak berhasil, segera bawa ke dokter.

Mulut

Benda asing yang masuk ke dalam mulut seringkali tertelan dengan tidak sengaja

Jika bendanya berbentuk bulat dan tidak tajam, tidak akan berbahaya karena akhirnya akan keluar bersama kotoran ketika buang air besar.

Namun jika yang tertelan itu benda tajam dan tidak bulat maka jangan mengeluarkannya dengan obat pencahar (laxative) karena benda itu dapat melukai usus yang diIaluinya.

Dalam hal ini, pertolongannya dengan makanan yang padat. seperti nasi, pepaya, kentang, singkong, pisang, atau roti untuk membantu mendorong benda tersebut dengan alami dan perlahan dikeluarkan oleh gerakan usus.

Tenggorokan

Makanan, tulang ikan, tulang ayam, gigi palsu, dan benda asing lainnya dapat tertelan dan menyangkut di tenggorokan. Pertolongan pertama dapat coba dikeluarkan dengan mempergunakan jari ke dalam mulut dan korban dalam posisi tertelungkup.

Caranya dengan memasukkan jari Anda menyusuri gigi dan terus ke dinding belakang tenggorokan. Setelah benda yang menyumbat dapat diraba, cungkillah ke arah mulut keluar.

Apabila melakukan pertolongan pada anak kecil, lindungi jari jari tangan untuk menghindari tergigit saat akan mengeluarkan benda tersebut. Dapat juga melakukan pertolongan dengan mendudukkan penderita di kursi, lalu kepala korban menunduk. kemudian tengkuk atau pundak korban dipukul dengan keras sampai bendanya keluar.

Pada anak kecil, benda dapat dikeluarkan dengan memegang kakinya lalu dibalik atau dijungkirkan dengan posisi kepala di bawah, sambil punggungnya ditepuk-tepuk atau dipukul dengan agak keras sampai bendanya keluar.

Cara lain ialah dengan mencoba mendorong benda tersebut dengan tekanan udara yang berasal dari rongga perut.

Cara melakukan pertolongan dengan mendorong benda keluar melalui tekanan udara perut sebagai berikut.

Cara mengeluarkan benda asing tersangkut di tenggarokan untuk anak usia dua tahun atau Iebih

Korban dipeluk dari belakang, dengan cara melingkarkan lengan ke perut tepat di bawah tulang iga terakhir. Bungkukkan punggung korban ke depan dengan posisi kepala agak menggantung.

Kepalkan salah satu tangan Anda tepat di bawah ujung tulang dada korban, kemudian letakkan telapak tangan Anda yang satu lagi di atas kepalan tadi. Pastikan bukan tulang iga yang ditekan. Jangan menekan dengan lengan, tetapi dengan kepalan tangan dan disentakkan dengan cepat dan kuat.

Tekan lalu dorong perut korban dengan menyentaknya secara kuat dengan arah ke atas menyerong 45° mengarah ke jantung.

Pertolongan pada bayi dan anak di bawah 2 tahun:

Letakkan korban dalam posisi telentang. Lalu letakkan pangkal telapak tangan Anda dekat sekat rongga dadanya.

Tekan dengan kuat ke arah jantung, dengan sudut 45° ke arah rongga dada. Lakukan berulang-ulang sampai bendanya keluar.

Apabila tidak berhasil dan muka korban mulai terlihat biru, segera berikan oksigen melalui pernapasan buatan dari mulut ke mulut.

Itu tadi beberapa cara dalam melakukan Pertolongan Pertama Apabila Kemasukan Benda Asing Kedalam Tubuh, semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap konsultasi kan kepada orang yang sudah ahli didalam melakukan tindakan tersebut.

berandapringsewu Media Informasi dan Promosi yang mengulas tentang Wisata, Kuliner, Lifestyle Masyarakat Pringsewu.

Tips Menulis Konten Blog Dengan Baik dan Benar Cara…

BERANDA PRINGSEWU – Blog adalah sebuah web yang bersifat lebih ke arah pribadi, lebih informal, dan terus di update setiap waktu dengan postingan terbaru...
berandapringsewu
3 min read

Cara Membersihkan File Sampah Disk C Menggunakan Clean Up…

BERANDA PRINGSEWU – Cara Membersihkan File Sampah Disk C Menggunakan Clean Up Bawaan Windows, cara tersebut sengaja saya angkat menjadi sebuah artikel di blog...
Akang Putra
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *