Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Nama Nama Para Nabi Dalam Islam Untuk Nama Anak

3 min read

Nama Nama Para Nabi Dalam Islam Untuk Nama Anak

BERANDA PRINGSEWUNama Nama Para Nabi Dalam Islam Untuk Nama Anak – Siapa yang tidak mengenal para Nabi dan Rasul, Mereka adalah manusia manusia yang dipilih langsung oleh Allah SWT untuk mengemban tugas mulia, yakni memberi petunjuk pada manusia tentang keesaan Allah SWT serta membimbing manusia agar senantiasa bertakwa kepada-Nya. Perjuangan para nabi dan rasul sangat berat, namun mereka tetap sabar dan tidak putus asa dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Di beberapa kisah, kita dapat membaca tentang sifat sabar dan penyayang Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan ajaran Islam, yang disambut dengan cacian dan hinaan serta perbuatan zalim lainnya.

Selain itu, dari kisah lain kita dapat meneladani kesabaran Nabi Ayyub AS yang semasa hidupnya ditempa ujian dan cobaan bertubi-tubi, namun beliau tidak lantas mengeluh apalagi menyalahkan Allah. Diceritakan pula tentang Nabi Yusuf AS yang sangat tampan, tetapi memiliki keimanan yang kuat kepalda Allah SWT.

Begitu pun dengan kisah Nabi Sulaiman AS yang terkenal kaya raya dan dermawan. Selain dari sifat-sifat nabi dan rasul yang sudah disebutkan, masih banyak sifat-sifat terpuji lainnya.

Bayangkan saja, orangtua mana yang tidak bahagia apabila buah hatinya mewarisi sifat para nabi dan rasul? Entah itu dari sifatnya yang penyabar, beriman, penyayang, dermawan, bijaksana, dan lain sebagainya. Ternyata, Anda diperbolehkan memberikan nama buah hati tercinta dengan nama-nama nabi/rasul berikut ini:

1. Adam

Nabi Adam merupakakan nabi pertama sekaligus bapak dari seluruh umat manusia, dia sangat beradab dan memiliki ilmu yang tinggi.

2. Idris

Nabi Idris adalah seorang nabi dan juga pemimpin yang jujur dan sabar.

3. Nuh

Nabi Nuh merupakan nabi Allah yang mempunyai kesabaran yang lebih, kekokohan jiwa dan hati serta rela berkorban dalam menyampaikan keesaan Allah.

4. Hud

Nabi Hud beliau adalah sosok yang patut ditiru sebagai juru dakwah dan ahli penerangan agama karena kesabaran dan ketabahannya dalam menghadapi kaumnya yang sombong dan keras kepala.

5. Shaleh

Nabi Shaleh merupakan sosok yang sangat beriman, tangkas, cerdik, pandai, rendah hati, dan ramah dalam pergaulan. Beliau tak lelah mengajak kaumnya untuk kembali ke jalan yang benar.

6. Ibrahim

Nabi Ibrahim beliau merupakan manusia pilihan yang memperoleh gelar Kbalilullab yang artinya adalah “sahabat Allah”, Beliau termasuk hamba yang memegang kuat keimanannya, dan termasuk salah seorang dari lima nabi Ulul Azmi.

7. Luth

Nabi Luth adalah manusia pilihan yang bertugas menyempurnakan akhlak kaumnya yang duriana.

8. Ismail

Nabi ismail merupakan putra dari Nabi Ibrahim dan Siti Hajar yang sangat beriman kepada Allah dan berbakti kepada orangtuanya.

9. Ishaq

Nabi Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim dengan Siti Sarah yang dipilih Allah menjadi seorang pemimpin umat.

10. Ya’kub

Mabi Ya’kub adalah putra dari Nabi Ishaq.

11. Yusuf

Nabi Yusuf beliau sangat terkenal akan ketampanan, kecerdasan, dan kedermawanannya.

12. Ayyub

Nabi Ayyub merupakan nabi yang terkenal dengan kesabaran dan keimanannya kepada Allah SWT.

13. Syu’aib

Nabi Syu’aib adalah nabi yang tak kenal lelah dalam berdakwah kepada umatnya, meskipun dibalas dengan cacian, hinaan, dan ejekan.

14. Musa

Nabi Musa sosok nabi yang terkenal pemberani dalam menghadapi kekuatan Raja Fir’aun yang zalim. Beliau memiliki mukjizat berupa tongkat yang sangat sakti.

15. Harun

Nabi Harun merupakan saudara Nabi Musa yang membantunya dalam menyampaikan dakwah kepada Fir’aun, Hamman dan Qarun.

16. Zulkifli

Nabi Zulkifli merupakan putra Nabi Ayyub yang digolongkan dalam Al-Qur’an sebagai orang yang sabar dan shaleh.

17. Daud

Nabi Daud merupakan nabi dan rasul yang memiliki kelebihan ilmu, ketelitian, kebijaksanaan, dan kekuatan. Beliau dianugerahi suara yang merdu, diangkat menjadi raja yang kuat dan tak terkalahkan.

18. Sulaiman

Nabi Sulaiman adalah nabi yang terkenal dengan kecerdasan dan ketajaman pikirannya. Selain itu, dia juga sangat kaya dan dermawan.

19. Ilyas

Nabi Ilyas yang merupakan sosok pemimpin yang senantiasa menjaga nama baik.

20. Ilyasa

Nabi ilyasa merupakan anak angkat Nabi Ilyas yang menjadi pemimpin umat Bani Israil yang cukup disegani dan dihormati. Semua umatnya sangat taat kepada ajaran Allah yang disampaikan oleh Nabi Ilyasa.

21. Yunus

Nabi Yunus seorang yang terpilih untuk meluruskan aqidah umatnya yang menyembah berhala. Namun karena ketidaksabarannya ia akhirnya dihukum dan diasingkan ke dalam perut ikan paus.

22. Zakaria

Nabi Zakaria merupakan seorang pemimpin yang beriman kepada Allah, selalu berpikir rasional dan objektif.

23. Yahya

Nabi Yahya adalah seorang pemimpin yang sabar, jujur, tidak emosional, mampu menahan diri, dan berusaha mewujudkan kepemimpinan yang bersih.

24. Isa

Nabi Isa merupakan manusia pilihan yang memiliki nilai moral yang istimewa, pemberani, kuat, dan menjaga kemurnian keimanannya kepada Allah.

25. Muhammad

Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi dan rasul terakhir bagi umat Islam. Beliau memiliki empat sifat mulia, yakni Shiddiq (benar), amanah (bisa dipercaya), tabligh (menyampaikan), dan fathanah (cerdas).

Anda bisa mengombinasikan nama-nama nabi di atas dengan tambahan yang lebih indah dan bermaknt baik, misalnya:

Muhammad Hafizh Al-Farisy yang artinya pemelihara Al-Qur’an yang cerdas dan terpuji,

Muhammad Shiddiq (semoga seperti) Nabi Muhammad yang memiliki sifat benar (baik ucapim maupun perbuatannya),

Muhammad Fathanah artinya (semoga seperti Nabi Muhammad) yang memiliki sifat cerdas,

Yusuf Raihan Fayyadh, yang artinya (semoga menjadi seperti Nabi Yusuf) yang mulia, harum mewangi dan dermawan,

Yahya Ashim Fakhrudin, yang artinya (semoga menjadi seperti Nabi Yahya) pemimpin yang mulia dan menjadi kebanggaan agama,

Isa Haidar Kamal, yang artinya (semoga seperti Nabi Isa) yang pemberani dan penuh kesempurnaan, dan lain sebagainya.

Semoga dengan memberikan nama seperti nama nabi dan rasul untuk nama anak, membuat buah hati Anda memiliki sifat-sifat terpuji dan menjadikan mereka pribadi yang menyenangkan di mata orang lain, khususnya di mata Allah SWT.

 

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *