Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Jenis Varietas Buah Naga Yang Lazim di Budidayakan

4 min read

Jenis Buah Naga Yang Lazim di Budidayakan

BERANDA PRINGSEWU, Jenis Varietas Buah Naga yang banyak di budidayakan oleh masyarakat adalah buah naga merah. Namun selain buah naga merah juga ada jenis lainnya, yakni buah naga kuning , buah naga hitam dan buah naga putih.

Sebagaimana diketahui, buah naga pertama kali dikemukan di wilayah Meksiko. Ciri khas buah ini adalah kulit bersisik dengan warna merah yang cerah. Selain itn, tanaman buah ini dikenal sebagai keluarga kaktus yang tahan hidup tanpa asupan air berlebih.

Daging buah naga asli berwarna putih dan dipenuhi bebijian ukuran kecil berwarna hitam. Namun, seiring perkembangan teknologi pertanian, saat ini kita telah mengenal 4 varietas buah naga yakni buah naga putih (sebagai varietas awal), buah naga merah, buah naga hitam dan yang paling unik adalah buah naga kuning. Mengapa unik? Jawabannya ada pada kulit buah naga tersebut.

Jenis Varietas Buah Naga Yang Lazim di Budidayakan

Berdasarkan pengamatan perkembangan budi daya buah naga di masyarakat saat ini sudah sangat pesat. Hal tersebut terlihat dari banyaknya masyarakat yang menanam tanaman buah naga.

Penanaman buah naga ini bahkan sudah terbilang sangat maju, mulai dari penanaman yang menggunakan tiang pancang yang terbuat dari beton cor coran semen. Juga ada yang hanya sekedar menanamnya menggunakan tiang pancang untuk ramabatan dengan memanfaatkan tanaman lainnya.

Baca Juga : Menanam Buah Naga di Pekarangan Rumah Selain Nikmat Juga Bernilai Ekonomi

Karena buah naga saat ini sudah bernilai ekonomis, masyarakat juga mulai membudidayakannya. Dari varietas buah naga yang ada, petani lebih suka menanam jenis buah naga merah.

Nah untuk lebih jelasnya alasan masyarakat petani buah naga ini lebih memilih jenis varietas buah naga merah dibandingkan dengan yang lainnya, berikut ini pemaparannya.

Jenis Varietas Buah Naga Putih

Jenis Varietas Buah Naga Putih
Jenis Varietas Buah Naga Putih – Gambar dari pixabay

Varietas buah naga putih merupakan jenis buah naga yang ditemukan pertama kalinya. Adapun varietas lainnya diperoleh dengan metode tertentu.

Secara umum, buah naga putih memiliki ciri-ciri yang kurang lebih sama dengan jenis buah naga lainnya. Pohon, bentuk buah, kandungan buah, sistem budidaya masih erat dengan genera lainnya.

Satu-satunya perbedaan yang menjadi dasar pengelompokan berbagai varitas ini ada pada daging buahnya. Buah Naga Purih memiliki kulit buah berwama merah cerah lengkap dengan sisik.

Hanya saja ketika buah tersebut dibelah, kita akan menemukan daging buah yang berwarna putih dan dipenuhi dengan bebijian kecil berwama hitam.

Selain warna daging buah, ternyata buah naga putih juga memiliki aroma yang khas dan berbeda dengan jenis buah naga lainnya. Berdasarkan penelitian dengan menggumkan sistem bernama QDA, diperoleh perbedaan antara buah naga putih dan buah naga merah.

Buah naga putih memiliki urutan aroma berdasarkan intensitasnya dimulai dari green leafy, floral, fatty green, sweet, fruity, dan terakhir plastic green.

Sementara buah naga merah, secara berurutan adalah green leafy, floral, fatty green, fruity, sweet, dan diakhiri dengan aroma plastic green.

Peneliti QDA menyimpulkan buah naga putih mengandung karakteristik aroma sweet yang lebih menonjol jika dibandingkan dengan buah naga merah. Sementara itu, aroma yang dominan pada buah naga merah adalah fruity yang lebih menonjol dari pada aroma sweet.

Meski diketahui memiliki aroma sweet yang dominan, namun uniknya, karakteristik rasa buah naga putih justru diwarnai sensasi rasa manis berpadu dengan rasa asam di setiap daging buahnya yang segar.

Menurut para ahli, dari semua varietas buah naga, memang jenis yang putih inilah yang memiliki rasa manis yang tidak dominan, melainkan seimbang dengan asam. Jika Anda belum pernah mencoba buah naga putih, silahkan bayangkan perpaduan rasa buah pear dan strawberry.

Rasa yang unik ini pula yang membuat buah naga dikenal juga dengan nama buah strawberry pear. Karena rasa tersebut, buah naga putih paling nikmat dan segar untuk dinikmati ketimbang jenis lainnya.

Jenis Varietas Buah Naga Merah

Buah naga merah memiliki kulit yang cerah dan dilingkupi dengan sisik berukuran besar. Tidak hanya unik, rasa daging buah naga juga cukup nikmat. Rasa manis dominan pada buah naga merah.

Di antara jenis buah naga Iainnya, varian dengan daging merah ini banyak digemari lantaran memiliki karakteristik rasa manis melebihi rasa asamnya.

Buah naga merah atau yang dalam dunia biologi dikenal dengan istilah Holocereus Costaricensis ini tergolong cukup populer di Indonesia.

Begitupun masyarakat di Pringsewu, banyak yang membudidayakan buah naga merah ini. Baik dalam sekala perkebunan maupun hanya sekedar menanam buah naga di pekarangan rumah saja.

Menyangkut morfolugi, buah naga merah kurang lebih sama dengan varian buah naga lainnya. Pohonnya merambat dan memiliki lapisan lilin pada permukaannya. Sistem budidaya buah naga merah juga sama seperti jenis lainnya.

Begitu juga dengan kandungan senyawa penyusunnya, sama. Satu-satunya perbedaan buah naga merah dengan jenis lainnya terletak pada warna daging buahnya. Buah naga merah memiliki warna daging merah cerah.

Untuk kondisi tertentu, buah naga dengan warna merah pekat disebut Dragon Fruit Super Red. Buah naga jenis ini merupakan asal muasal buah naga hitam (black dragon fruit) yang diperoleh dengan menggunakan tunas buah naga super red yang dipupuk dengan Black Natural yang ampuh menaikkan betakaroten dan berdampak pada warna buah yang semakin pekat menjadi hitam.

Mengingat kandungan buah naga merah yang balk untuk kesehatan, tak ada salahnya untuk memasukkan buah ini ke dalam daftar konsumsi harian buah Anda. Jika Anda bosan mengkonsumsi buah naga merah secara langsung, dengan sedikit kreatifitas Anda bisa meracik buah naga agar lebih nikmat.

Misalnya dibuat jus, campurkan buah lainnya agar lebih nikmat. Sebaiknya hindari tambahan gula agar khasiatnya lebih optimal. Kabarnya, buah naga merah ini sangat baik untuk mereduksi kadar gula dalam darah.

Selain jus, buah naga merah bisa diolah menjadi cake atau bahan tambahan agar-agar dan juga jelly. Intinya, kembangkan kreatifitas Anda dan ciptakan resep baru dengan bahan buah naga merah. Sehat dan nikmat.

Jenis Varietas Buah Naga Kuning

Jika dicermati, pembagian buah naga putih, merah dan hitam didasarkan pada warna daging buahnya. Meskipun daging buahnya berbeda, ketiga jenis tersebut memiliki kulit yang sama, berwama merah dan dilengkapi struktur yang identik.

Akan tetapi, sistem pembagian tersebut tidak berlaku pada buah naga kuning. Unsur pembedanya justru terletak pada kulitnya. Daging buah naga kuning berwarna putih berbiji hitam persis buah naga putih.

Namun, kulitnya berwarna kuning terang dengan sisik berukuran besar yang pada ujungnya terdapat gradasi warna hijau. Selain kulit berisisk, buah naga kuning juga memiliki varian kulit lain yakni buah dengan permukaan kulit berduri.

Perbedaan lain buah naga kuning dengan jenis lainnya terletak pada ukuran buah dan juga ukuran pohonnya. Secara umum diketahui bahwa pohon buah naga kuning cenderung lebih pendek ketimbang pohon lainnya.

Hal ini juga ternyata berimbas pada ukuran buahnya yang juga dua kali lebih kecil dibandingkan varian lain. Meski kecil, tetapi rasa manis buah naga kuning melampaui buah naga jenis lainnya. Karena disebabkan kandungan fruktosa buah ini lebih tinggi. Selain manis, buah naga kuning juga cenderung berair sehingga meninggalkan rasa segar saat dikonsumsi.

Buah naga kuning masih langka di pasaran. Penyebabnya karena kurangnya petani yang membudidayakan jenis ini. Padahal, teknik pemeliharaannya kurang lebih sama dengan buah naga lainnya.

Petani selama ini terkendala pada ketersediaan bibit. Oleh sebab itu, di supermarket harga buah naga kuning dua kali lipat dibanding jenis buah naga lainnya. Walaupun cenderung mahal, banyak Pihak yang mengklaim kualitas buah naga kuning memang setingkat di atas buah naga lainnya.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tahukah Anda Manfaat Buah Naga, Ini Dia Manfaat Bagi…

BERANDA PRINGSEWU – BUAH NAGA, Fisik dari buah ini pun tergolong unik, hal tersebut bisa dilihat mulai dari kulitnya hingga dagingnya. Kebanyakan yang beredar...
berandapringsewu
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *