Jalan Menuju Sukses Menghadapi Uji Kompetensi Nasional Profesi Ners

0
75 views

Beranda Pingsewu – Mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian Uji Kompetensi Profesi Ners dapat menimbulkan kecemasan. Ujian ini bisa dibilang sangat penting bagi anda yang saat ini adalah berprofesi sebagai perawat dan sudah menyelesaikan pendidikan Profesi Ners karena dengan memperoleh lisensi keperawatan melalui uji kompetensi ini berarti anda dapat leluasa memulai karir sebagai seorang Ners (Ns) tanpa was was dengan kelegalannya.

Sikap positif yang kuat, rencana terstruktur untuk persiapan, dan mempertahankan kendali di jalan menuju sukses memastikan anda dapat menyelesaikan proses Ujian ini dengan hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang anda harapkan. berikut ini merupakan Jalan menuju Sukses menghadapi Ujian Kompetensi nasional Profesi Ners.

Yang Pertama adalah Dasar
Dasar dari jalan menuju sukses dimulai dengan sikap positif yang kuat, keyakinan bahwa anda akan mencapai sukses, dan membangun kendali diri anda. Tanpa adanya komponen tersebut, jalan menuju sukses anda menjadi tidak terarah dan tidak memiliki titik akhir. Tentu hal ini hanya akan menghabiskan energi dan waktu yang berharga dalam perjalanan anda.

Dari mana anda memulai? untuk memulai, tentukan tempat yang menawarkan kesendirian dan sesuatu yang membuat diri kita tenang, duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman, santai, tarik napas dalam, tahan napas hingga hitungan keempat, hembuskan perlahan, dan dan pastikan kembali bahwa anda sudah merasakan santai.

Yang Kedua adalah Daftar
Sekarang saatnya untuk membuat “Daftar”, dimana daftar ini berisi tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang realistis. Mulailah dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan prioritas hidup kita.

Yang Ketiga adalah Rencana untuk Persiapan
Setelah anda membuat lis daftar prioritas, langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah menyusun rencana dan jadwal belajar, menentukan tempat belajar, menyeimbangkan kewajiban kerja dan pribadi dengan jadwal belajar, berbagi jadwal belajar dan kebutuhan pribadi dengan orang lain, dan yang terpenting menerapkan rencana studi.

Yang Keempat Memanjakan secara Positif
Rencanakan waktu untuk olah raga dan aktivitas hiburan karena momentum positif dapat dipertahankan hanya jika kita dalam keadaan seimbang, masukkan aktivitas dalam jadwal yang mendukung stimulasi mental positif, perilaku makan yang sehat, jauhi makanan berlemak, makan makanan ringan dan lakukan dengan sering. Atur pola istirahat dan tidur dengan tidak sering begadang ataupun tidur secara berlebih. Luangkan waktu untuk memanjakan diri dengan kegiatan yang membuat diri kita menjadi lebih mengenal siapa diri kita.

Yang Kelima Persiapan Akhir
Kaji ulang dan identifikasi tujuan yang telah dicapai, tetap fokus untuk menyelesaikan rencana studi, coba untuk menuliskan tanggal dan waktu ujian serta letakkan di samping nama anda  dengan huruf berikut “RN” dan kata “Ya”!. Rencanakan juga untuk memeriksa lokasi ujian terlebih dahulu. dan yang terpenting lakukan aktifitas santai sehari sebelum ujian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here