Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Untuk Anak Baru Lahir

2 min read

Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Untuk Anak Baru Lahir

BERANDA PRINGSEWUDaftar BPJS Kesehatan Untuk Anak Baru Lahir. Berbicara mengenai kesehatan sebaiknya jangan menggampangkan, apalagi biaya kesehatan tidak lah murah. Ada baiknya agar mempertimbangkan secara matang agar bisa ikut serta dalam program pemerintah yakni BPJS Kesehatan.

Baik secara langsung maupun tidak langsung mengikuti program BPJS Kesehatan sangatlah banyak manfaatnya. Diantara sekian banyaknya manfaat, salah satunya yakni untuk meringankan biaya kesehatan kita.

Siapa sih yang mau sakit? Sudah pasti sebagai manusia kita tidak akan mau sakit. Nah jika hal itu terjadi apakah kita sudah mempunyai tabungan untuk masa masa sakit kita, ada baiknya anda mengikuti program BPJS Kesehatan ini.

Selain itu manfaat yang sangat terasa yakni ketika istri kita melahirkan, baik itu proses persalinannya secara normal maupun secara operasi Caesar. Coba bayangkan berapa banyak uang yang harus kita siapkan untuk biaya operasinya.

Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Untuk Anak Baru Lahir

Ketika kelahiran buah hati sudah pasti rasa bahagia, namun tidak cukup kebahagiaan sebelum kita benar benar memastikan sang ibu dan bayinya dalam keadaan sehat. Bagi wanita yang proses persalinannya melalui Caesar, butuh 2 sampai 3 hari untuk rekoferi dan pemulihan.

Bagi ibu yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan, tidak perlu khawatir dengan biaya persalinan yang melalui operasi Caesar. Karena semuanya sudah terkaver oleh BPJS Kesehatan yang setiap bulannya kita angsur bayarnya.

Namun apakah sang bayi aman dari biaya perawatan rumah sakitnya? Belum. Sebaiknya segera diurus untuk didaftarkan kepesertaan BPJSnya, berikut langkah langkah mendaftarkan anak baru lahir untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

  • Minta keterangan lahir dari bidan atau jika di rumah sakit biasanya dari dokter yang membantu proses persalinan
  • Siapkan fotokopy Kartu keluarga (KK)
  • Siapkan fotokopy Kartu BPJS Kesehatan milik Ibu bayi

Berdasarkan pengalaman yang saya alami persyaratan untuk mengurus pembuatan BPJS Kesehatan untuk anak baru lahir cukup tiga berkas tadi.

Proses Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan untuk Anak Baru Lahir

Setelah berkas persyaratan sudah dilengkapi, langkah selanjutnya yaitu mendaftarkannya ke kantor BPJS Kesehatan. Karena saya dalam wilayah administrasi Kabupaten Pringsewu jadi saya ke kantor BPJS Kesehatan Pringsewu.

Alamat Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pringsewu ada di Jalan A.Yani depan kantor cabang BRI Pringsewu. kantornya masih berada di deretan kantor bank BNI Pringsewu.

Silahkan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan dan minta formulir isian, karena yang akan kita daftarkan adalah anak. Dan kita asumsikan sudah menjadi peserta BPJS, maka yang akan diterima adalah formulir penambahan anggota.

Jadi kita hanya mengisi data nomor bpjs kesehatan kita selaku kepala keluarga saja. Setelah pengisian formulir selesai, silahkan berikan kepada security atau jika ada petugasnya yang akan mencetakkan nomor antrian.

Kita akan mendapatkan nomor antrian, sampai tahap ini tinggal menunggu dan bersabar. Karena cepat atau lamanya tergantung pada jumlah antrian dan urutan keberapa kita dalam antrian tersebut. Saran Saya tetap Sabar.

Setelah sampai pada nomor urut antrian yang kita pegang maka akan dipanggil, serahkan berkas yang sudah kita siapkan tadi. tunggu prosesnya, pada saat saya melakukan pendaftaran untuk anak saya hanya memakan waktu tidak lebih dari 10 menit.

Pelayanannya sangat cepat, ruang tunggunya juga nyaman. Banyak tulisan informasi mengenai BPJS Kesehatan. Tinggal kitanya aja mau membaca atau tidak.

Oh iya, ternyata kartu bpjs untuk anak baru lahir yang dicetak adalah bersifat sementara. berlakunya hanya sampai 3 bulan saja. Nah selama jangka waktu tersebut kartu sementara sudah bisa digunakan.

Untuk mengaktifkan dan mencetak kartu bpjs kesehatan yang sebenarnya kita harus mengurus perubahan Kartu Keluarga (KK) terlebih dahulu ke Dinas Kependudukan Kabupaten.

Dimana anak kita yang baru lahir harus terdaftar kedalam anggota keluarga kita, hal ini dibuktikan dengan keluarnya NIK pada KK dan adanya nama anak kita pada KK.

PENTING; Pastikan NIK anak kita yang baru saja didaftarkan harus sudah dionlinekan oleh pihak Catatan Sipil (Capil) nya. supaya kita tidak bolak balik hanya untuk mengaktifkannya supaya bisa didaftarkan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Proses Pengaktifan Kartu BPJS Kesehatan Untuk Anak Baru Lahir

Setelah anda mendapatkan KK yang sudah ada nama anak yang baru lahir tadi, dan sudah memastikan bahwa NIK anak kita tadi sudah berstatus online. Silahkan datang lagi ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengaktifkan kepesertaan bpjs kesehatan anak kita.

Prosesnya pun kurang lebih akan sama seperti yang sudah saya jelaskan diawal tadi. Tetap sabar dalam menunggu giliran dalam antrian.

Proses selesai dengan dicetaknya kartu bpjs kesehatan. Setelah anda mendapatkannya tinggal semagat untuk membayar iuran bpjs, meskipun saat ini mengalami kenaikan iuran bpjs.

Jangan sampai telat melakukan pembayaran bpjs, karena manfaatnya akan kita rasakan lagi jika kita tidak membayarnya.

Itu tadi sedikit informasi berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika melakukan pendaftaran bpjs kesehatan. semoga cara mudah daftar bpjs kesehatan untuk anak baru lahir ini bermanfaat.

Silahkan share ke teman, sanak saudara, kerabat, keluarga anda.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tahukah Anda Manfaat Buah Naga, Ini Dia Manfaat Bagi…

BERANDA PRINGSEWU – BUAH NAGA, Fisik dari buah ini pun tergolong unik, hal tersebut bisa dilihat mulai dari kulitnya hingga dagingnya. Kebanyakan yang beredar...
berandapringsewu
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *