Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah dan terdaftar di DIKTI

1 min read

Cara Mudah cek Keaslian Ijazah dan terdaftar di DIKTI Beranda Pringsewu

Beranda PringsewuCek Keaslian Ijazah. Apakah Ijazah anda Asli? atau anda sangat memerlukan untuk memverifikasi kebenaran dan keaslian ijazah, ada baiknya anda juga tahu cara cek keaslian ijazah di dikti, bagaimana cara mengecek nomor seri ijazah, cara mengecek apakah ijazah sudah terdaftar. Jangan Sampai anda tidak tahu cara mencari nomor ijazah dan cara melihat nomor ijazah sebelum melakukan pengecekan secara online melalui civil di kemenristek dikti

Keaslian Ijazah akan dibutuhkan dan Biasanya hal tersebut akan di tanyakan oleh pihak yang memerlukan verifikasi seperti halnya bagi pegawai negeri sipil, instansi yang memerlukan verifikasi keaslian ijazah jangan sampai ijazah yang anda pegang saat ini tidak terdaftar di dikti

Berikut ini akan saya berikan informasi Cara Mudah cek Keaslian Ijazah dan terdaftar di DIKTI. Untuk mempermudah anda dalam mengecek keaslian ijazah.

Silahkan Kunjungi laman resmi ristekdikti yang lebih dikenal dengan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL) berikut : http://ijazah.ristekdikti.go.id

Perhatikan informasi yang ada di laman tersebut, kurang lebih isinya seperti berikut ini :

  • Untuk memastikan keabsahan ijazah anda;
  • Pastikan nomor ijazah anda dapat diverifikasi melalui SIVIL;
  • Pastikan anda mengisi Perguruan Tinggi;
  • Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar;
  • Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, Silakan hubungi
  • Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.

Baiklah langsung saja pada Cara Mudah cek Keaslian Ijazah dan terdaftar di DIKTI. Coba perhatikan Kotak Formulir yang seperti gambar berikut ini

Pertama Isikan nama Perguruan Tinggi tempat anda Kuliah pada Kolom Perguruan Tinggi

Kemudian isikan Nomor Seri Ijazah yang tertera pada ijazah yang anda miliki pada kolom Nomor Ijazah

Dan Isikan hasil dari penjumlahan pada kolom Angka Pengaman dan akhiri dengan mengklik VERIFIKASI pada kolom yang berwarna orange.

Apabila data yang anda masukkan ke dalam kolom pada format Verifikasi seperti diatas benar maka akan keluar tampilan seperti gambar berikut ini

Cara Mudah cek Keaslian Ijazah dan terdaftar di DIKTI format isian pada sivil

Gambar di atas menunjukkan bahwa Nama dan Ijazah yang anda miliki adalah benar terdaftar di DIKTI

Informasi yang ada di laman tersebut juga bisa anda sampaikan kepada pihak yang menanyakan atau yang membutuhkan verifikasi keaslian Ijazah yang anda miliki.

Nah ini lain lagi apabila ijazah anda tidak terdaftar di laman CIVIL seperti yang disediakan oleh DIKTI seperti pada gambar berikut ini

Cara Mudah cek Keaslian Ijazah dan terdaftar di DIKTI format isian pada sivil

Berikut ini langkah langkah yang harus anda lakukan

Pertama Anda harus tenang dulu

Kedua Pastikan kembali apakah ada kesalahan pada saat anda mengisi Formulir Verifikasi, seperti pengetikan Nomor Ijazah atau pada saat mengisi Angka Pengaman

Ketiga Coba perhatikan kembali apakah anda terdaftar sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi yang meluluskan anda dan menerbitkan ijazah anda, Silahkan cek dulu disini Cek Status Mahasiswa dengan PD-DIKTI

Keempat Apabila anda sudah merasa benar dalam mengisi formulirnya dan hasilnya tetap seperti gambar di atas maka, Silahkan Menghubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.

Jika Ketiga langkah diatas sudah anda lakukan maka sebaiknya anda berdoa dan bersabar, semoga ada solusi terbaik untuk anda dapatkan.

Itulah tadi informasi Cara Mudah cek Keaslian Ijazah dan terdaftar di DIKTI yang bisa saya share semoga dapat membantu.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

24 Replies to “Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah dan terdaftar di DIKTI”

  1. Di Jakarta, tepatnya jakarta timur ada tuh byk lapak buat ijazah palsu. Hehehe. Cara ini top markotop biar qt ga tertipu sama ijazah aspal.

  2. Untung aja ada ada sistem digital untuk verifikasi keaslian ijazah ya.
    Kalau tidak mah udah banyak pelaku pemalsuan dokumen, eh bukanya itu udah banyak oknum yang melakukan ya. hehe…

  3. Mantab Dikti ini, setidaknya bisa mendeteksi cetak ijasah yang palsu. Tapi apakah cara ini efektif untuk mencegah perguruan tinggi nakal yang mengeluarkan ijasah aspal? Ijasahnya sih asli, tapi mahasiswanya sebenarnya gak pernah datang ke kampus untuk kuliah.

  4. Membantu banget nich …sehingga kita bisa tau ijazah yang kita miliki asli atau palsu…

    Dan segera melaporkan ke kampus terkait… kalau ga ya lapor ke kemendikbud…ada loh kampus yang mengrluatkan ijazah tapi ga terdaftar di dikti…

  5. EH iya, saya malah belum pernah ngecek keaslian ijazah saya.

    Postingan menarik ni, pas banget buat perekrut karyawan yang ingin tahu tentang latar belakang akademik calon pelamar 🙂

  6. Sekarang ini banyak menjamur ijazah-ijazah palsu, penting banget sih untuk HRD tau website ini buat tau calon karyawannya itu ijazahnya beneran apa bodong. Sekalian para sarjana juga bisa cek nih apakah kampusnya beneran ngasih ijazah resmi atau abal-abal

  7. Kalau ijazahnya tidak ditemukan di laman SIVIL, silakan cek ke tukang cetak spanduk dan undangan di sekitar universitas, barangkali mereka tahu hehe

    Manfaat banget nih buat para fresh graduate, barangkali menemukan kesalahan input ijazahnya. Buat tim HRD juga bagus, siapa tahu menemukan kandidat yang pake ijazah abal-abal.

  8. teknologi memudahkan ya, bisa menelusuri keaslian ijazah juga.
    Kadang miris kalau baca berita ada wakil rakyat yang menggunakan ijazah palsu.
    Para verifikator berkas harus paham cara ini buat seleksi berkas

  9. Artikel ini berguna banget kalo misalkan kita mau ngehire orang dan mau ngecek apakah ijazahnya asli atau palsu ya? Semoga segera ditertibkan lah itu lapak yang jual jasa bikin ijazah palsu. Ada banyak kerjaan halal loh, salah satunya ya jadi blogger kaya kita ini ya kan?

  10. Wah bermanfaat banget nie kak, berarti buat perusahaan terutama bagian HRD bisa nie ngecek kebenaran ijazah buat yang ingin jadi direkrut atau komisaris .

  11. Koq saya jadi deg2an ya padahal ijazah saya beneran asli huhuhu

    Padahal yang paling keren dari ijazah adalah pengalaman dan proses jatuh bangun bagaimana cara mendapatkannya, bukan sekadar mendapatkan dengan menukar sejumlah uang

  12. Menarik infonya..mungkin buat yg mau daftar CPNS hrs cek dulu ya ijasah teregistrasi atau Tdk..krna bnyk pemalsuan jadi harus waspada , kalau bisa cek sendiri kita nya juga pede ya..krna ijasah kita dapat dari jerih payah belajar sendiri

  13. InsyaAllah ijazah saya asli dan resmi.
    Tapi situs ini penting juga jika menerima pegawai, saat pendaftaran petinggi, bupati dan lainnya. Penting banget. Kalau sudah ada caranya gini, para pemalsu ijazah perlu waspada.

  14. Eh iya dong aku baru tau klo cek ijazah asli atau enggak skg ada cara digitalnya..

    Membantu bgt ni buat perusahaan juga pas ngadain rekruitmen ya kak. Skrg kan byk oknum nakal yang suka malsuin ijazah.

  15. Bagus nih, terutama untuk perusahaan atau CPNS pas pemberkasan, jadi bias dicek. Untuk perguruan tingginya juga engga bisa main-main, karena sejak mahasiswa kuliah tiap semester harus melaporkan ke PD-DIKTI, jadi ada recordnya. Untuk mencegah mahasiswa abal-abal, yang tau-tau dapet ijazah engga pernah kuliah.

  16. Dengan cara ini Indonesia bisa dipenuhi pelamar kerja yang jujur ya. Gak akan mmeakai ijazah palsu lagi. Alhamdulillah dengan begitu semoga Indonesia semakin maju ke depannya.

Tinggalkan Balasan ke hani Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *