berandapringsewu Media Informasi dan Promosi yang mengulas tentang Wisata, Kuliner, Lifestyle Masyarakat Pringsewu.

Bagaimana Mencari Bahan Penulisan Skripsi, Simak Penjelasannya

2 min read

Bagaimana Mencari Bahan Penulisan Skripsi Simak Penjelasanya

BERANDA PRINGSEWU, Masih Bingung Bagaimana Mencari Bahan Penulisan Skripsi – Sampai tahap ini Anda tentunya telah menyusun kerangka. Setelah kerangka Anda susun sesuai dengan tipe topik, langkah berikutnya adalah mencari bahan yang dapat Anda manfaatkan untuk mengisi setiap bagian yang terdapat dalam kerangka.

Oleh karena itu, bahan yang Anda kumpulkan ini sudah “menjurus” atau “mengkhusus”, yaitu bahan yang benar-benar fungsional untuk kelancaran skripsi Anda.

Apa Itu Bahan?

Yang dimaksud dengan “bahan” adalah segala informasi yang terkait dengan topik, baik berupa konsep, laporan hasil penelitian, data, atau hal-hal lain yang mempunyai relevansi dengan topik.

Bahan-bahan yang berupa konsep dapat Anda peroleh di literatur-literatur baku, yaitu literatur yang ditulis oleh para ahli di bidangnya dan yang menjadi rujukan utama bagi bidang studi yang bersangkutan.

Apabila konsep ini menyangkut pengertian istilah, Anda bisa mengutipnya di kamus istilah atau ensiklopedi yang baku.

Bahan-bahan yang berupa laporan hasil penelitian bisa Anda lacak di berbagai pemustakaan (baik perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan daerah,maupun perpustakaan instansi terkait), balai penelitian dan pengembangan masing-masing instansi, atau di mana saja yang memungkinkan laporan itu bisa Anda peroleh.

Apabila bahan yang Anda perlukan berupa data, Anda bisa memperoleh di instansi terkait. Misalnya, kalau Anda memerlukan data penduduk, Anda bisa memperolehnya di Dinas Kependudukan; kalau Anda memerlukan data industri kecil, Anda bisa memperolehnya di Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Dengan berkembang pesatnya teknologi informasi saat ini, tidak ada alasan lagi bagi Anda mengatakan “sulit” mencari bahan. Semuanya bisa Anda akses via internet. Ratusan situs di internet menyajikan berbagai informasi untuk keperluan apa saja, termasuk keperluan Anda. Tinggal bagaimana kemauan dan kelincahan Anda melacaknya.

Yang perlu Anda pertimbangkan terkait dengan pemerolehan bahan ini adalah bahan yang Anda peroleh harus bisa dipertanggungjawabkan dari segi kualitas dan keakuratannya.

Oleh karena itu, dari mana Anda memperoleh bahan tersebut, haruslah jelas sumbernya. Tentu saja sumber dari tangan pertama lebih diutamakan daripada sumber dari tangan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Apa Saja Syarat Bahan?

Dari berbagai bahan yang Anda peroleh atau yang ada di hadapan Anda, tidak semuanya layak Anda manfaatkan untuk penulisan skripsi Anda. Ada serangkaian syarat bahan yang layak Anda manfaatkan, yaitu sebagai berikut.

Bahan harus relevan
Bahan yang Anda manfaatkan adalah bahan yang mempunyai relevansi tinggi dengan topik Anda. Kerelevanan ini bisa Anda ukur dengan menjawab pertanyaan: Bahan ini mendukung atau menjelaskan bagian apa dari topik? Kalau Anda bisa menjawabnya, berarti bahan itu ada relevansinya.

Bahan harus aktual
Keaktualan ini terkait dengan kemutakhiran sumber bahan. Bahan-bahan dari sumber yang mutakhir tentu lebih aktual bila dibanding dengan bahan-bahan yang diperoleh dari sumber lama. Literatur edisi terakhir atau tahun terakhir tentu lebih aktual daripada edisi sebelumya. Begitu juga tentang data. Data penduduk hasil sensus tahun 2006 tentu lebih aktual daripada data penduduk hasil sensus tahun 2000. Begitu juga seterusnya.

Bahan harus objektif
Bahan-bahan dikatakan obj ektif apabila menyajikan apa adanya, tanpa ada kesan atau penilaian tertentu dari peneliti atau pengamat. Misalnya, bahan yang berupa data dikatakan objektif apabila disajikan dalam bentuk angka atau persentase, bukan dalam bentuk penilaian “baik”, “buruk”, “banyak”, “sedikit”, “tinggi”, “rendah”, dan sej enisnya.

Bahan tidak kontroversial
Bahan dikatakan kontroversial apabila tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya karena tendensius. Data semacam ini tidak bisa dipakai sebagai sumber bahan. Misalnya, data yang disampaikan oleh organisasi tertentu dengan maksud untuk mendiskreditkan atau memojokkan pihak tertentu.

Dari serangkaian persyaratan tersebut, Anda harus bisa memilih dan memilahnya, bahan mana yang layak Anda pakai, dan bahan mana yang tidak layak Anda pakai untuk keperluan skripsi Anda.

 

berandapringsewu Media Informasi dan Promosi yang mengulas tentang Wisata, Kuliner, Lifestyle Masyarakat Pringsewu.