Elemen Dasar Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif

Beranda Pringsewu - Fenomenologi merupakan suatu pendekatan riset. Menurut pendapat Husserl Fenomenologi adalah memberikan deskripsi, refleksi, interpretasi dan modus riset yang menyampaikan intisari dari pengalaman kehidupan individu yang diteliti.

Terdapat sejumlah karakteristik yang lazim atau bersifat umum dalam pendekatan Fenomenologi yang membedakan dengan riset kualitatif lainnya, meliputi pengungkapan dasar filosofi, melakukan bracketing, berfokus pada satu fenomena utama, tidak memerlukan banyak sampel agar lebih mendalami dan memahami fenomena yang diteliti, analisis data dilakukan secara tematik.

Secara umum, beberapa kegiatan yang dilakukan peneliti dalam menggunakan pendekatan Fenomenologi terdiri dari kegiatan kegiatan sebagai berikut :

Melakukan bracketing, yaitu proses mensupresi, mengurung atau menyimpan berbagai asumsi, pengetahuan, dan keyakinan yang dimiliki peneliti tentang fenomena yang diteliti. Tujuannya agar memperoleh data atau informasi yang benar benar alamiah.

Melakukan intuisi, pada kegiatan ini, peneliti secara utuh mengenali dan memahami fenomena yang diteliti. Untuk mendapatkan informasi dengan cara mengeksplorasi pengalaman partisipan tentang fenomena yang diteliti melalui pengamatan langsung, wawancara, penemuan dokumen dokumen tertulis. Perlu diperhatikan bahwa dengan cara ini peneliti tidak diperbolehkan memberikan kecaman, evaluasi, dan opini.

Melakukan analisis, peneliti mengidentifikasi dan menganalisis data atau informasi yang ditemukan. Kemudian mendeskripsikan data hasil validasi tersebut dan menuliskannya ke dalam suatu narasi untuk disampaikan pada laporan penelitian kepada pembaca atau peneliti lainnya.

Melakukan deskripsi dan interpretasi, merupakan kegiatan akhir dari pengumpulan dan analisis data. Peneliti menuliskan deskripsi atau Interpretasinya dalam bentuk hasil hasil temuan dan pembahasannya dari fenomena yang diteliti.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser