Matic Pustaka Tarik Minat Baca di “Nggruput” Festival Jajanan dan Dolanan Tradisional Kabupaten Pringsewu


Beranda Pringsewu – Saat ini kita tidak bisa pungkiri jika minat baca buku sudah mulai pudar pada generasi muda masa kini. Ditambah banyaknya pemuda terutama di usia sekolah sudah di bekali gadget yang terbilang canggih, membuat anak anak diusia sekolah menjadi lebih memilih banyak menggunakan gadget ketimbang membaca buku.



Gadget juga menjadi salah satu momok penyebab malasnya anak anak untuk membaca buku, selain itu kita juga sudah jarang melihat adanya buku buku bacaan untuk anak anak yang disediakan di rumah oleh para orang tua. Dengan adanya gadget saat ini memang sangat membantu kita dalam menghadapi perkembangan jaman, itu pun jika di manfaatkan dengan baik dan bijak. Karena gadget juga bisa digunakan untuk membaca buku yang disediakan secara daring. Akan tetapi gadget saat ini malah lebih banyak digunakan untuk bermain game dan bersosial media.

Sedih banget ya ketika melihat realita di lingkungan rumah dimana para orang tua memanjakan anak anak nya dengan kehidupan modern tanpa membekali pendidikan dalam rumah dengan baik, sehingga kesadaran untuk membaca buku mulai pudar. Bahkan tidak sedikit para orang tua setelah memberikan fasilitas gadget kepada anak tidak lagi melakukan pengawasan. Hal ini yang membuat anak anak malas membaca buku. Mudah mudahan dengan adanya stand baca seperti yang di lakukan Matic Pustaka dapat juga menyadarkan para orang tua yang terlanjur membekali anaknya dengan gadget akan arti penting membaca.

Dalam menyikapi permasalahan tadi Aminuddin seorang penggerak pustaka bergerak yang juga pendiri Matic Pustaka membuat terobosan dengan mendekatkan buku buku kepada masyarakat. Melalui Matic Pustaka ia menyiapkan buku buku bacaan untuk memikat agar minat baca  masyarakat kembali meningkat.

Fetival jajanan dan dolanan tradisional yang di gagas oleh Pringsewu Community, Matic Pustaka selalu hadir dan memberikan kesempatan bagi masyarakat yang menghadiri festival ini untuk membaca buku secara Geratis. Selain baca buku ditempat, masyarakat juga diperbolehkan meminjam buku bacaan untuk di bawa pulang.

Ternyata anak anak terlihat sangat antusias dalam membaca buku, hal tersebut nampak dari banyaknya anak anak yang sangat serius dan menikmati membaca buku. Melihat keasikan anak dalam membaca buku, sudah sepatutnya kita sebagai orang tua haruslah mensuportnya. Mungkin bisa dengan cara sering mengajak anak anak kita mengunjungi stand bacaan seperti yang di sediakan oleh Matic Pustaka dan Gerobak Pustaka dalam kegiatan NGGRUPUT







Saat ini koleksi buku yang di miliki Matic Pustaka memang masih terbilang minim, untuk koleksi buku saat ini juga mendapatkan pinjaman bergulir dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Pringsewu. Selain itu Aminuddin juga menggandeng rekan seperjuangan dalam memenuhi kebutuhan akan ragam buku bahan bacaan. Bersama Dani Wilian pendiri Gerobak Pustaka akan terus berupaya menyediakan buku bacaan di Festival Jajanan dan Dolanan Tradisional yang di gelar di Jalan Jalur dua Pemda Kabupaten Pringsewu.

Sebagai bentuk kepedulian akan peningkatan kembali minat baca bagi masyarakat, Matic Pustaka dan Gerobak Pustaka juga bersedia menampung niat baik anda apabila ingin menyumbangkan buku buku bekas yang masih layak baca, saat ini buku yang sangat di butuhkan yaitu buku bacaan untuk anak anak.

Apabila anda ingin menyumbangkan buku bacaan silahkan bisa langsung kontak di nomor 0852 6983 1606 (aminuddin - matic pustaka)

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser