ANDA MUDAH TERSINGGUNG?? Lakukan Hal Hal Berikut untuk Merubahnya

BERANDA PRINGSEWU - RASA Tersinggung itu dapat timbul dikarenakan menilai dirinya lebih dari realita yang ada. Misalnya merasa lebih Pintar, merasa lebih cantik atau tampan, dan merasa hebat.

Ketika ada yang mengkritik, anda menjadi marah dan berusaha untuk membela diri. Hal tersebut menyebabkan kata kata yang keluar dari mulut justru tidak terkontrol dan menunjukkan bahwa anda kurang dapat dihormati dan di hargai oleh orang lain.

Bagaimana cara mengubah sikap yang mudah tersinggung dan marah ? Nah berikut ini langkah langkah yang harus anda lakukan menurut Retno Riani seorang Psikolog menerangkan beberapa hal dalam rubrik hotline public service Tribun Lampung (05/12). Apabila anda menginginkan untuk berubah adalah suatu langkah yang baik, harus disertai kesungguhan. Hal Hal yang bisa anda lakukan adalah :
  • Belajarlah untuk menilai diri dengan tidak berlebihan. Anda harus membandingkan kelebihan yang dimiliki dengan orang lain dan berusaha menilai secara objektif.
  • Cobalah untuk tidak mengungkit ungkit jasa yang pernah anda berikan kepada orang lain. Semakin banyak mengingat kebaikan yang diberikan kepada orang lain, semakin banyak sakit hati yang dirasakan. Karena anda menginginkan orang lain untuk membalas kebaikan. Maka Berusahalah membuat ringan langkah saat mengerjakan sesuatu.
  • Cobalah berempati dengan kesungguhan orang lain, sehingga tidak merasa sebagai orang yang paling susah sendiri di dunia. Ada banyak keindahan dan kebahagiaan yang  bisa anda peroleh dari orang orang disekeliling anda.
  • Kurangi dalam berkata kasar kepada orang lain karena suara yang keras dan kasar membuat orang lain merasa menjadi tidak nyaman.
  • Carilah tempat yang menurut anda nyaman dan asri untuk relaksasi sehingga jiwa anda menjadi lebih tenang.
  • Carilah kesibukan yang menyenangkan misalnya nonton film, menulis sehingga mampu melupakan kemarahan yang anda miliki. Jangan meluapkan kemarahan kepada hal hal yang sifatnya negatif.
  • Curhatlah kepada orang yang menurut anda percayai dan yang mampu berfikir objektif sehingga anda mampu mendapatkan dukungan emosi yang baik.
  • Berusahalah untuk tetap menjadi orang baik walaupun anda disakiti orang lain, misalnya dengan tetap tenang dan tidak menyakiti orang lain.

Nah dari beberapa hal yang sudah di jelaskan oleh Seorang Psikolog tersebut semoga anda mampu untuk mengendalikan diri sehingga tidak mudah tersinggung.

No comments:

Post a Comment

Gunakan Komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik yang sedang di bahas
Komentar spam dan yang mengandung SARA akan dihapus