Mengenal Sejarah Berdirinya Kota Pringsewu Lampung oleh SUPRAYOGI

BERANDA PRINGSEWU – Secara tidak langsung Beranda Pringsewu membaca update status di akun media social facebook milik mas Suprayogi yang menceritakan tentang keinginannya untuk mencari informasi tentang sejarah Pringsewu. Pemuda yang terlahir di Pringsewu ini sangat termotivasi untuk menggali dan melakukan publikasi tentang tempat tinggal sendiri yaitu PRINGSEWU,  berikut statusnya di Beranda Facebook nya 
Setelah bertahun2 cuma nemu di Wikipedia doang jadi ga berani ambil buat referenai dan awal taun ini dapet sumber dari lembaran profil desa Margakaya yg agak seadanya, pagi ini nemu tulisan ini di buku "Toponimi Indonesia, Sejarah Budaya Bangsa yang Panjanh dari Pemukiman Manusia dan Tertib Administrasi".
Selalu termotivasi untuk menggali dan melakukan publikasi tentang tempat tinggal sendiri. Setelah bahas kosakata genteng, filosofi kenduri Jawa, dan sekarang ini masih tahap akhir nulis tentang situasi kebahasaan di Pringsewu sebagai pamungkas belajar di UI ttg bahasa dan kebudayaan.
Entah mau dibilang play safe ngotak atik daerah sendiri or terlihat terlalu bangga bentar2 bahas Pringsewu, saya sebenarnya agak malu dan sedih ketika mencari info di perpustakaan daerah kabupaten, sejarah Pringsewu, misalnya hanya ada di lembaran2 kertas itupun sama persis dg wikipedia entah siapa yg duluan nulis. Dan mungkin tidak banyak yg tau kondisi bahasa Lampung di Pringsewu sudah mulai memprihatinkan di generasi usia saya dan dibawahnya dan pasti tambah sulit untuk akhirnya membuat kebijakan bahasa kalau datanya sangat minim. Dengan menulis, banyak orang yg (mudah2an) membaca, kasih ide, kolaborasi, ngajak orang nulis bareng, getok dan tular, ke forward sampe ke pemangku kepentingan daerah dan end goalnya adalah bisa memunculkan kebijakan baru.
Kalau Prof. Emi punya slogan "Matakna Maca", sekarang kayanya harus mulai mengikuti slogan/judul buku alm. Prof Chaedar "Pokoknya menulis".
Mengenal Sejarah Berdirinya Kota Pringsewu Lampung oleh SUPRAYOGI
Foto diambil dari akun FB : Suprayogi

Setelah membaca tulisannya semestinya kita malu karena tidak tahu tentang sejarah tempat tinggal sendiri, apakah anda juga tertarik untuk mencari tahu informasi tentang tempat tinggal anda ?? ayo Bertindak, dengan Bertindak kita mencatatkan sejarah baru untuk kehidupan dimasa yang akan datang.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser