PENTING BUAT WANITA : Ini Penyebab Menopause Dini

Beranda Pringsewu - MENOPAUSE merupakan proses alamiah yang akan dialami oleh wanita berusia diatas 45 tahun. Namun, ada beberapa wanita yang mengalami menopause lebih awal dari perkiraan. Bahkan, usianya masih tergolong muda. Masa di mana berhentinya haid ini di usia yang relatif muda atau disebut dengan menopause dini.

Menopause dini kini semakin sering ditemui. Dulu hanya sekitar 1 persen wanita yang mengalami hal ini, kini meningkat hingga 6 persen. Gejala awal mungkin wanita akan mengalami haid yang datangnya tidak teratur, semburan panas, depresi, serta mudah mengalami kelelahan.

Ada beberapa penyebab menopause dini atau premature ovarium failure (POF) :
1. Ibu Anda Juga Mengalami Menopause Dini
"POF cenderung bersifat turunan," kata OBY-GYN, Dr. Shawn Tassone, MD, seperti dilansir laman Health.

2. Genetic Disorder
FMR1 adalah gen yang menyebabkan sindrom Fragile X, bentuk paling umum dari gangguan intelektual warisan bahkan jika anda tidak memiliki sindrom tersebut anda bisa memiliki mutasi pada gen yang sama yang menyebabkan masalah dengan ovarium anda, yang mengarah ke insufisiensi ovarium primer-X yang rapuh.

3. Gangguan Autoimun
Gangguan autoimun tiroiditis (peradangan kelenjar tiroid) telah dikaitkan dengan POF. Juga jika anda menderita penyakit Addison, di mana kelenjar adrenal tidak menghasilkan cukup hormon. Dalam kasus kedua penyakit ini, mungkin sistem kekebalan tubuh anda sendiri mungkin mulai menyerang folikel ovarium pada anda, kantung kecil dimana telur matang dan tumbuh, menggangu kemampuan mereka untuk berfungsi.

4. Merokok atau Paparan Toksin Lainnya
"Beberapa racun bisa menjadi penyebab kegagalan ovarium prematur, seperti rokok dan pestisida," pungkas Dr. Tassone.


No comments:

Post a Comment

Gunakan Komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik yang sedang di bahas
Komentar spam dan yang mengandung SARA akan dihapus